EFEKTIFITAS LAYANAN PUSKESMAS WATES SEBAGAI PUSKESMAS SANTUN LANJUT USIA

Latar belakang: Pusdatin (2014) Peskesmas Santun Lanjut Usia (lansia) adalah Puskesmas yang menyediakan ruang khusus untuk melakukan pelayanan bagi kelompok lansia meliputi pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitative. Pada tahun 2007, Puskesmas Wates ditunjuk sebagai Puskesmas Santun Lansia. Berdasarkan hasil wawancara, Puskesmas Wates belum memenuhi fasilitas. Penelitian ini sesuai dengan prioritas riset Universitas Gadjah Mada yaitu penguatan dan pemberdayaan budaya lokal serta sesuai usulan Dewan Riset Daerah Kabupaten Kulon Progo tentang efektifitas pelayanan kesehatan pasien lansia.

Tujuan Umum: mengetahui efektiftas pelayanan Puskesmas Wates sebagai puskesmas santun lansia; Tujuan Khusus: mengetahui [1] pemenuhan fasilitas; [2] capaian cakupan kunjungan; dan [3] indeks pelayanan klinik lansia berdasarkan kuesioner kepuasan layanan publik.

Metode Penelitian: Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data: [1] wawancara kepada kepala puskesmas, koordinator lansia, dan pasien lansia; [2] observasi: melihat pelaksanaan pelayanan lansia; [3] studi dokumentasi: prosedur tetap; [4] kuesioner: survey kepuasan layanan dengan sampel 93 responden.

Hasil: Puskesmas Wates memenuhi 1 ciri dan 5 ciri difasilitasi dengan alternative lain dari total 8 ciri Puskesmas Santun Lansia. Capaian cakupan kunjungan untuk pelayanan kesehatan dan senam lansia tercapai sesuai target dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, tetapi untuk pembinaan Posyandu masih belum sesuai target. Indeks pelayanan layanan publik dihasilkan nilai 80,58 setara dengan B (Baik).

Simpulan: Efektifitas pelayanan Puskesmas Wates sebagai puskesmas santun lansia dalam kategori cukup efektif, karena lima fasilitas sudah diupayakan, dua target terpenuhi, dan indek layanan termasuk kategori baik. Perlu peningkatan fasilitas, promosi, dan layanan prima untuk mengefektifikan pelayanan.

Kata Kunci : Efektifitas, Puskesmas Santun Lansia, Kunjungan pasien, Kepuasan Layanan